Rasa Nyeri Buah Zakar Pertanda Penyakit Serius

Atlet atau pria aktif biasanya pernah mengalami rasa sakit atau nyeri di testis (buah zakar) saat sedang berlari atau olahraga. Kenapa bisa begitu?

Secara anatomi, buah zakar alias testis sangat sensitif dan rentan terhadap cedera. Pelari atau atlet dapat berisiko tinggi mengalami ketegangan di selangkangan, trauma langsung atau luka lain yang dapat menyebabkan nyeri testis.

Nyeri testis bisa terjadi karena berbagai alasan, beberapa diantaranya tidak dapat diidentifikasikan. Meski sebagian besar kasus tidak serius, tapi nyeri testis kadang-kadang dapat menjadi bagian dari kondisi yang berbahaya.

Penyebab nyeri testis saat berlari biasanya jinak dan tidak berbahaya. Penyebabnya bisa karena gerakan yang berlebihan atau cedera pangkal paha akibat pakaian yang tidak sesuai.

Dilansir dari Livestrong dan Mayoclinic, Minggu (1/5/2011), pada kasus yang lebih serius, nyeri testis saat berlari juga dapat disebabkan karena hernia. Nyeri testis juga dapat disebabkan karena masalah lain di dalam tubuh, seperti di ginjal atau perut.

Dan pada kasus yang parah, nyeri pada testis tidak boleh diabaikan karena bisa menjadi pertanda penyakit yang serius, antara lain:

  • Testis pecah
  • Batu ginjal
  • Orkitis (peradangan pada testis yang umumnya disebabkan oleh beberapa bakteri atau virus, seperti gondok, brucellosis dan PMS tertentu)
  • Spermatokel (disebabkan oleh kista yang tumbuh di epididimis, yaitu tabung melingkar yang terletak di belakang setiap testis)
  • Varikokel (varises yang terjadi pada testis)
  • Epididimitis (peradangan pada epididimis)
  • Hematokel (penumpukan darah pada rongga tubuh)
  • Torsi testis (keadaan yang mana saluran spermatika terpuntir sehingga terjadi gangguan dalam mendapatkan alirasn darah ke testis)
  • Kanker testis
  • Hernia inguinalis


Bagaimana mengatasinya?

Pada kasus yang ringan, agar tidak terjadi nyeri testis pada saat berlari sebaiknya kenakan pakaian keselamatan yang tepat dan dapat membantu mencegah sakit pada testis saat berlari.

Pakaian pendukung biasanya terbuat dari bahan nilon atau mesh yang memungkinkan keringat menguap dan mencegah gerakan berlebihan yang dapat menyebabkan nyeri.

Namun pada kasus yang parah seperti menunjukkan gejala lain seperti luka memar, bengkak atau perdaraha, maka sebaiknya segeralah mencari pertolongan medis.

Apa Jadinya Jika Bola Testis Digigit?

Testis pria mudah sekali cedera karena tidak dilindungi oleh otot atau tulang. Umumnya kecelakaan di bola testis karena tendangan, jatuh atau terluka karena benda tajam. Apa jadinya jika bola testis pria digigit oleh pasangan wanitanya?

Kasus ini dialami oleh Martin Douglas, pria asal Newcastle Inggris yang berusia 43 tahun. Bola testis Martin mengalami kerusakan parah dan hampir copot setelah digigit teman wanitanya Maria Georgina Topp yang berusia 43.

Seperti dikutip news.com.au, Jumat (18/3/2011), Martin harus menjalani operasi pemasangan buah zakarnya yang hampir terlepas itu karena serangan teman wanitanya itu.

Tidak diketahui bagaimana Maria menggigit buah zakar Martin, apakah saat sedang melakukan hubungan seks atau tidak. Penjelasan rinci tentang aksi gigit buah zakar tersebut hanya akan diungkapkan di pengadilan.

Kasus ini memang tengah disidangkan pengadilan Newcastle. Jika terbukti melakukan serangan yang merugikan Martin maka Maria akan dipenjara.

Pihak paramedis setempat hanya menjelaskan saat insiden terjadi, Martin menelpon polisi. Saat menelpon Martin tidak merinci kejadiannya karena mengalami kesakitan yang luar biasa sehingga operator tidak tahu apa yang dikatakannya.

Maria sendiri telah ditahan sejak 18 Februari 2011 dan sedang menghadapi tuntutan serius dengan dakwaan melukai orang yang vonisnya bisa dipenjara.

Paramedis mengatakan luka yang dialami Martin sangat serius dan dia membutuhkan operasi darurat serta harus berdiam di rumah sakit selama 7 hari.

Apa yang terjadi jika testis digigit atau cedera?

Luka di testis seperti dilansir betterhealth.vic.gov.au, adalah luka yang paling nyeri. Karena daerah testis banyak saraf-saraf pembuluh darah yang sensitif.

Cedera pada testis bisa membuat pria kesakitan luar biasa, pembengkakan buah zakar dan kadang sampai membuatnya mual muntah hingga pingsan.

Cedera testis mengakibatkan pembekuan darah yang jika tidak bisa tertangani maka operasi adalah satu-satunya jalan untuk menghilangkan bekuan darah.

Luka pada testis juga bisa mengakibatkan 'kabel' spermatik terpelintir. 'Kabel' ini berisi saraf, pembuluh darah dan saluran yang membawa sperma dari testis ke penis.

Luka serius pada testis harus ditangani dengan cepat untuk menyelamatkan kondisi testis agar aliran darah di testis segera pulih.

Luka pada testis bisa saja mengganggu kesuburan, tapi jika hanya satu bola testis yang rusak maka masih bisa mengandalkan satu lagi buah zakar untuk produksi sperma.

Namun laki-laki yang hanya punya satu bola testis memiliki risiko tinggi hanya punya jumlah sperma sedikit, kualitas sperma tidak baik dan penurunan kesuburan. Artinya, laki-laki yang hanya memiliki satu bola testis akan sulit atau bahkan tidak bisa memiliki keturunan.

Karena testis ini sangat mudah cedera, maka disarankan untuk melindunginya dari faktor-faktor yang bisa membuatnya cedera seperti kecelakaan atau berhubungan seks yang tidak aman.

detikHealth

2012. smallCrab, just another blogs
Download Joomla Templates