Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting. Tetapi, tanpa disadari, hanya sedikit sekali yang kita lakukan dalam merawat jantung. Pada umumnya banyak dari kita yang memuaskan rasa lapar dengan memakan makanan yang "enak-enak", lezat dan dalam porsi yang seringkali berlebih. Seringkali makanan yang enak dan lezat itu, mengandung lemak dan kalori yang berlebih, yang ternyata tidak baik buat tubuh dan jantung.

Saat usia memasuki angka 40 tahunan, atau bahkan 30 tahunan, banyak dari kita yang ternyata memiliki faktor resiko jantung koroner, seperti tekanan darah tinggi, stres atau diet yang tidak sehat. Tekanan darah tinggi pada usia 20 tahunan dapat meningkatkan resiko berkembangnya penyumbatan pembuluh darah di tahun-tahun berikutnya.

Saat masih muda dan sehat, kita biasanya makan makanan apa saja, makanan berlemak, kalori tinggi, gorengan dan junkfood, dll. tanpa sedikitpun mengkhawatirkan resikonya, padahal kebiasaan ini akan berdampak dalam jangka panjang, mungkin dalam 10 tahun ke depan.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mulai membiasakan menyertakan makanan sehat untuk jantung ke dalam makanan sehari-hari.

Berikut adalah beberapa jenis makanan terbaik untuk kesehatan jantung:

1. Ikan berlemak

Jenis-jenis ikan berlemak, seperti salmon, mackerel, dan herring diketahui dapat mengurangi risiko aritmia dan aterosklerosis yang merupakan penyakit utama yang berhubungan dengan jantung. Sangat baik untuk memakan jenis-jenis ikan ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Ikan berlemak ini merupakan salah satu makanan terbaik yang dapat mencegah serangan jantung.

2. Oatmeal

Oatmeal juga merupakan salah satu makanan terbaik untuk menjaga jantung anda. Oatmeal memiliki kandungan yang kaya akan serat dan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu memperbaiki pencernaan. Oatmeal kasar dianggap paling sehat untuk jantung.

3. Berri

Blueberry dan stroberi juga sangat baik dalam menurunkan kadar tekanan darah dan juga melebarkan pembuluh darah.

4. Cokelat

Cokelat hitam, yang mengandung kakao 60-70%, dapat membantu menormalisasi kadar tekanan darah. Coklat hitam juga dapat membantu melawan radang dan pembekuan darah.

5. Kacang-kacangan

Kacang mengandung serat protein yang dapat membuat jantung sehat. Mereka juga mengandung vitamin E yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

6. Ekstra Virgin Olive Oil

Dengan hanya mengonsumsi beberapa tetes ekstra Virgin Olive Oil dalam sehari akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan gula dari dalam tubuh anda.

7. Anggur merah

Anggur merah dapat membantu mengurangi timbunan lemak dalam pembuluh darah dan membantu melindungi jantung. Anggur merah juga dapat membantu mendetoksifikasi racundari dalam tubuh dan membantu dalam hal menurunkan berat badan.

8. Teh hijau

Minum satu cangkir teh hijau dalam sehari dapat menghentikan pembentukan plak kolesterol. Teh hijau membantu meningkatkan metabolisme dan juga membantu menurunkan berat badan berlebih.

9. Brokoli dan Bayam

Brokoli dan bayam mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan. Karena kandungannya ini, brokoli dan bayam dapat membantu jantung tetap aktif dan menormalisasi kadar tekanan darah. Brokoli dan bayam juga sangat kaya akan kandungan serat.

10. Alpukat

Alpukat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan juga membersihkan arteri. Alpukat juga sangat kaya lemak yang baik dan menyehatkan.

loading...