Makan makanan seimbang dan beragam sangat penting untuk pemenuhan gizi dalam upaya memelihara dan meningkatkan kesehatan tubuh. Jaman dulu ada istilah 4 sehat 5 sempurna, ini merupakan formula yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Makanan terbagi ke dalam kelompok-kelompok, misalnya padi-padian, sayuran atau buah-buahan.

Untuk masing-masing kelompok makanan tersebut ternyata terdapat beberapa jenis makanan yang sangat baik kandungan nutrisinya, lebih lengkap dan berkhasiat. Misalnya, dalam kelompok sayuran terdapat jenis-jenis sayuran berdaun hijau yang kaya nutrisi atau untuk susu-susuan pilihlah Greek yoghurt.

Berikut adalah contoh beberapa makanan sehat dari masing-masing kelompok makanan:

1. Padi-padian: Beras merah

Mengganti nasi putih dengan beras merah diketahui apat menurunkan resiko diabetes hampir 16%. Beras merah juga dikenal memiliki respon gula darah yang lebih rendah dan mengandung lebih banyak serat.

Tingginya kandungan serat dalam beras merah dapat membuat proses pencernaan menjadi lancar dan juga membuat anda merasa kenyang lebih lama, hal ini sangat bagus bagi anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

2. Buah-buahan: Apel

Sebutir apel memiliki kandungan serat yang tinggi dan juga diperkaya dengan berbagai zat nutrisi. Karena kandungan seratnya yang tinggi, apel sangat baik bagi anda yang berusaha untuk menurunkan berat badan.

Kandungan flavonoid (phloridzin) pada apel dapat mengurangi masalah osteoporosis pada wanita pasca monopouse. Kandungan Boron pada apel juga berfungsi memperkuat tulang pada tubuh agar tidak mudah keropos. Apel juga sangat baik bagi pencegahan timbulnya gejala penyakit rheumatik.

Senyawa triterpenoids pada kulit apel diketahui mampu menghambat sel kanker yang menimbulkan gejala kanker payudara, lever dan gejala kanker usus besar.

Selain itu, apel juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, antara lain dapat membantu mengurangi risiko kanker, menyehatkan jantung, menurunkan kolesterol, menyehatkan pencernaan, mencegah batu empedu, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan berbagai manfaat lainnya. Ada ungkapan, bahwa makan sebutir apel setiap hari dapat menjauhkan anda dari dokter.

3. Sayuran: berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau bermanfaat bagi kesehatan kognitif, juga dikenal dapat mengurangi demensia dan risiko penyakit Alzheimer.

Sayuran merupakan sumber kaya serat, mengandung betakaroten, alfakaroten, dan lutein yang terbungkus dalam kantong pigmen hijau daun (klorofil), berbagai vitamin, kalsium, dan berbagai trace mineral lainnya.

4. Protein: Kacang merah

Anggota keluarga leguminoseae ini menyediakan gabungan nutrisi bergizi, yaitu karbohidrat, protein dan serat. Kacang merah juga diketahui mengandung banyak antioksidan, dan tinggi serat.

Karbohidrat kompleks dan kadar serat yang tinggi dalam kacang merah, dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Indeks kadar glikemik pada kacang merah juga menekan masalah gejala penyakit diabetes yang sering terjadi.

Selain itu, kacang merah juga diketahui mengandung kalsium, vitamin B6, asam folat, besi, mangan, dan thiamin.

5. Susu: Greek yoghurt

Greek yogurt atau yogurt kental dinilai memiliki manfaat lebih dibanding yogurt biasa. Greek yogurt atau labneh merupakan yogurt yang disaring sehingga menghasilkan tekstur yang lebih kental dan padat, antara yogurt dan keju.

Satu cangkir greek yoghurt mengandung lebih dari 20 gram protein pembangun otot, lebih banyak dibanding yogurt biasa yang biasanya 10 gram. Selain itu kandungan karbohidratnya lebih rendah, rasanya lebih creamy dan tidak terlalu asam.

Greek yogurt dikatakan baik untuk orang-orang dengan tekanan darah tinggi dan mereka yang memiliki penyakit jantung, karena kadar natriumnya yang tidak terlalu banyak.

6. Lemak dan minyak: Grapeseed oil

Minyak biji anggur dianggap sebagai salah satu minyak terbaik, karena tidak akan mengoksidasi seperti minyak lainnya, sehingga tidak menyebabkan pembentukan radikal bebas. Minyak biji anggur juga merupakan pilihan yang sehat untuk jantung, karena mengandung lemak tak jenuh ganda.

Flavonoid 'procyanidin oligomer' yang terkandung dalam Grapeseed oil adalah antioksidan yang sangat kuat, sekitar 50 kali lebih kuat dari antioksidan seperti, vitamin C dan E. Jadi, senyawa ini dapat memberikan perlindungan yang lebih efektif terhadap kerusakan sel dan jaringan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain itu minyak biji anggur diketahui dapat meningkatkan kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular, bermanfaat bagi penderita diabetes, membantu meningkatkan sirkulasi peredaran darah, memiliki sifat anti-inflamasi, kaya akan Omega-3, Omega-6, dan Omega-9, dan berbagai kandungan yang bermanfaat lainnya.

loading...