Healthy Articles

Susu Lebih Sehat dari Sapi Pakan Lobak

Susu kerap dianjurkan untuk dikonsumsi bila anda ingin sehat. Namun demikian, anda jangan sembarangan meminum susu, terutama susu yang berasal dari sapi.

Karena jika anda minum susu yang mengandung kadar lemak jenuh tinggi, justru akan berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan.

Para ilmuwan di Irlandia Utara, secara tidak sengaja menemukan susu berkadar kolesterol rendah, 35%, karena asam lemak tak jenuhnya 26% lebih rendah daripada susu biasa. Susu itu kemudian diketahui diperoleh dari sapi yang menyantap biji lobak sebanyak 600 g ram setiap harinya.

Susu Segar Mudah Rusak

Susu segar mudah sekali mengalami kerusakan karena cemaran mikroba. Dalam suhu kamar, susu hanya bertahan maksimal empat jam setelah pemerahan. Kerusakan juga bisa terjadi karena proses pemerahan tidak bersih dan wadah yang tercemar.

Agar bisa tahan lama, susu segar diolah dulu dengan cara didinginkan, dipanaskan, dipasteurisasi atau disterilkan. Dengan teknologi tinggi, susu segar dapat dibuat bermacam-macam bentuk, dan telah difortifikasi.

Proses sterilasi UHT pada susu dianggap cukup berhasil. Proses UHT dianggap cukup aman bila dibandingkan dengan empat proses pensterilan susu lainnya, yakni pendidihan, pasteurisasi, SCM, dan pembubukan.

Sterilisasi Ultra High Temperature

UHT atau ultra high temperature, merupakan proses pemanasan susu sampai 140 derajat Celsius selama empat detik. Ditambahkan Hariyanto pemasan tersebut ideal agar tidak merusak komponen susu dan  untuk membunuh semua bakteri pada susu sehingga produk susu menjadi suci hama dan steril (bebas bakteri).

Setelah proses UHT dilakukan untuk  menjamin susu tetap steril, dapat dilakukan pengemasan dengan sistem aseptik yang bertujuan untuk mencegah mikroorganisme masuk ke dalam kemasan selama dan setelah proses pengemasan berlangsung.

Meski sudah diproses sedemikian rupa namun tetap masih ada berbagai kemungkinan yang dapat mengakibatkan susu UHT rusak. Untuk itu Anda harus mengetahui cara-cara penanganan susu UHT setelah dibuka.

Perlakuan pada susu UHT yang benar adalah sebagai berikut :

  • Setelah dibuka susu UHT segera diminum atau apabila hendak disimpan maka kemasan harus dipastikan tertutup rapat dan disimpan dalam suhu lemari es atau kulkas sehingga mengurangi resiko pecemaran mikroorganisme.
  • Perhatikan waktu penyimpanan susu setelah kemasan dibuka. Pasalnya, sifat susu kembali ke sifat alaminya yang merupakan media yang baik untuk pertumbuhan mikrorganisme.
  • Kondisi kulkas harus diperiksa, meliputi pemeriksaan suhu dan kebersihan isi.
  • Periksa tanggal kadaluarsa susu untuk memastikan susu yang dibeli belum kadaluarsa atau belum mendekati tanggal kadaluarsa.
  • Sebaiknya segera habiskan susu segar yang sudah Anda beli, terutama jika kemasan sudah dibuka.

 

2012. smallCrab, just another blogs
Download Joomla Templates