Healthy Articles

Apa Itu Candidiasis

 

Candidiasis adalah suatu infeksi dari jamur. Jenis jamur yang menginfeksi adalah dari genus Candida. Biasanya, infeksinya berupa superfisial dari daerah kutaneus tubuh yang lembab.

Infeksi yang paling sering disebabkan oleh Candida albicans. Infeksi ini sering menyerang kulit (dermatokandidiasis), membran mukosa mulut (thrush def 1), saluran pernapasan (bronkokandidiasis), dan vagina (vaginitis). Dari jamur-jamur ini, jarang sekali terjadi terdapat infeksi sistemik atau endokarditis.

Ada pula jenis infeksi dari Candida yang kronis seperti pada kelainan imunodefisiensi selular pada kulit dan membran mukosa. Cirinya adalah terdapat anergi kutaneus, dan pada beberapa kasus terjadi pula aktiviasi limfosit atau produksi faktor penghambat migrasi yang berkurang. Kedua kekurangan ini sebagai respon terhadap antigen Candida. Selain itu, aktivitas humoral terjadi secara normal. Banyak penderita infeksi jamur ini juga disertai endokrinopati (penyakit Addison, hipoparatiroidisme, hipotiroidisme, atau diabetes melitus).

Ada juga jenis Candidiasis yang menyerang kulit dan dapat bermanifestasi sebagai lesi menyerupai eksim. Jenis ini bisa menjadi kronis yang disebut dengan istilah dermatocandidiasis.

Akibat lain dari jamur Candida adalah Candidid. Jenis ini merupakan erupsi kulit sekunder yang merupakan ekspresi hipersensitivitas terhadap infeksi jamur tersebut di bagian tubuh lain. Erupsi ini disebut pula sebagai moniliid.

Candidiasis terdapat diseluruh dunia yang dapat menyerang semua umur, baik laki – laki maupun wanita. Dari warga New Zealand dengan imun yang rendah tahun 1990 sekitar 15% nya terkena Candidiasis. Namun lebih banyak terjadi pada wanita, karena terdapatnya Candida sebagai flora normal dalam saluran alat kelamin wanita dan kenaikan pH pada wanita hamil. Di New Zealand dari 1009 wanita 19% terkena vaginitis. Tahun 2002 terjadi kenaikan, menjadi 33% yang terkena vaginitis. 

Tidak ada cara untuk mencegah Candidiasis. Obat – obatan tidak biasa dipakai untuk mencegah Candidiasis karena menyebabkan Candida menjadi kebal terhadap obat-obatan. Sistem kekebalan tubuh yang sehat dapat menjaga agar Candida tetap seimbang.

 

#dari internet

2012. smallCrab, just another blogs
Download Joomla Templates