Mangga sudah dikenal sangat luas, selain memiliki buah yang rasanya segar dan enak, juga sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Ternyata selain buahnya, daun mangga juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Daun mangga yang masih muda berwarna kemerahan atau keunguan dan baru dan selanjutnya akan menjadi warna hijau gelap dan pucat di bagian bawahnya. Daun mangga ini kaya akan vitamin C, B dan A, juga kaya akan berbagai nutrisi lainnya. Daun mangga memiliki sifat antioksidan kuat karena memiliki flavonoid tinggi dan fenol.

Ada sebagian masyarakat yang memanfaatkan daun mangga untuk lalapan, selain itu ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa daun mangga juga memiliki kandungan sifat obat di dalamnya. Diketahui bahwa daun mangga telah banyak digunakan untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan.

Berikut adalah beberapa khasiat daun mangga untuk kesehatan:

1. Menurunkan tekanan darah
Dengan sifat hipotensif, mangga daun dapat membantu menurunkan tekanan darah dan juga memperkuat pembuluh darah yang rapuh yang bisa menyebabkan hipertensi. Para ahli merekomendasikan minum satu cangkir teh daun mangga setiap hari untuk menurunkan hipertensi.

2. Mengobati diabetes
Daun mangga mengandung tanin dan anthocyanin yang dapat membantu dalam mengobati diabetes di fase awal. Teh daun mangga telah dikenal sebagai obat terbaik untuk mencegah diabetes dan juga masalah yang berhubungan dengan pembuluh darah.

Teh daun mangga dapat membantu untuk mengobati diabetes angiopati dan retinopati diabetes, juga membantu mengobati hiperglikemia. Daunnya mengandung senyawa yang disebut taraxerol-3beta, dan ekstrak etil asetat yang bersinergi dengan insulin untuk mengaktifkan GLUT4 dan menstimulasi sintesis glikogen.

3. Mengobati masalah pernapasan
Hampir semua jenis masalah pernapasan dapat disembuhkan atau dikurangi dengan minum teh daun mangga. Minum air rebusan daun mangga dapat melegakan jika anda mengalami flu, bronkitis atau asma.

Minum air rebusan daun mangga ditambahkan sedikit madu juga efektif menyembuhkan batuk.

4. Mengobati nyeri telinga
Salah satu obat efektif untuk mengatasi sakit telinga adalah dengan menggunakan satu sendok teh sari daun mangga, yang sebelumnya sudah dipanaskan sebentar.

5. Menyembuhkan luka bakar
Luka bakar dapat diobati langsung dengan bantuan daun mangga. Luka bakar pada kulit dapat disembuhkan oleh abu daun mangga. Caranya sangat mudah, bakar beberapa daun mangga hingga menjadi abu, kemudian menggosokannya pada luka bakar tersebut.

6. Mengobati asam urat
Daun mangga juga merupakan obat yang efektif untuk mengatasi asam urat. Ambil beberapa daun mangga lalu tumbuk halus, dan didihkan sampai airnya menjadi. Minum air rebusan daun mangga ini setiap hari untuk memanfaatkan sifat obat daun mangga dalam mengatasi asam urat.

7. Mengatasi stres
Teh daun mangga juga dapat membantu anda dalam mengatasi stres, rasa cemas atau kegelisahan. Menambahkan 2-3 gelas teh daun mangga ke dalam air mandi dapat membantu mengobati kegelisahan, menenangkan sistem saraf dan menyegarkan tubuh.

8. Mengatasi batu ginjal
Daun mangga dapat membantu mengobati ginjal dan batu empedu. Keringkan dan giling daun mangga, campur dengan segelas air lalu simpan semalaman, minumlah airnya di pagi hari, lakukan setiap pagi dan hal ini dapat membantu memecahkan dan membuang batu ginjal.

9. Mengobati radang tenggorokan
Sakit tenggorokan, cegukan atau masalah lain yang berhubungan dengan tenggorokan dapat disembuhkan dengan bantuan daun mangga. Caranya, bakar beberapa daun mangga dan hirup asapnya yang keluar.

10. Membantu menjaga kebersihan gigi
Daun mangga juga dapat digunakan untuk mengatasi bau mulut dan juga merawat gigi dan gusi anda.

loading...