Ada banyak orang yang mungkin memiliki parasit dalam tubuhnya, yang tentu saja tanpa disadari kehadirannya. Kehadiran parasit dalam tubuh bisa saja tidak bisa dihindari, biasanya karena faktor kebersihan dan makanan. Parasit dapat menyebabkan banyak kerugian bagi tubuh, antara lain dapat menyebabkan infeksi dan penyakit.

Parasit hidup dan makan di dalam tubuh, dan ada beberapa jenis parasit yang dapat hidup dalam tubuh manusia seperti cacing kremi, lambia, cacing tambang, cacing pita, trichinella dan Dientamoeva fragillis. Ada jenis parasit tertentu yang bertahan dengan berbagi (atau merebut) makanan dari tubuh inangnya, beberapa bertelur di dalam tubuh dan bahkan ada yang makan dari sel-sel darah merah.

Parasit masuk ke tubuh melalui kulit atau mulut. Infeksi biasanya terjadi karena paparan ke daerah-daerah yang sudah penuh dengan parasit, asupan makanan atau minuman yang terkontaminasi, kebersihan dan sanitasi yang buruk.

Banyak orang bahkan tidak menyadari kehadiran parasit dalam tubuhnya. Beberapa orang mungkin merasa sakit terus-menerus dan banyak yang tidak menyadari bahwa parasit kronis adalah akar masalahnya. Kekuatan dari sistem kekebalan tubuh dapat menentukan apakah tubuh Anda penuh dengan parasit atau tidak.

Berikut adalah beberapa tanda adanya parasit dalam tubuh:

1. Gangguan pencernaan

Jika di dalam tubuh kita terdapat parasit, maka limbah beracun yang dihasilkan oleh parasit tersebut dapat menyebabkan sensasi gas, kembung, mual, sembelit dan rasa terbakar di dalam perut.

2. Sakit perut

Jika parasit tersebut berada di wilayah bagian atas pada usus kecil, maka dapat menyebabkan iritasi dan peradangan. Hal ini juga dapat menghalangi limbah untuk keluar dari dalam tubuh, yang selanjutnya dapat menyebabkan sakit perut.

3. Anal gatal

Orang yang terkena cacing kremi sering mengeluhkan ketidaknyamanan atau gatal dubur, yang sering terjadi di malam hari ketika cacing betina bertelur. Hal ini juga merupakan salah satu tanda parasit yang hadir dalam tubuh manusia.

4. Rasa lelah dan lemah

Jika anda sering merasa lelah dan lemah padahal sudah makan cukup, bisa jadi hal ini karena kehadiran cacing di dalam usus anda, anda berbagi makanan dengan cacing-cacing tersebut. Cacing yang terdapat dalam usus dapat menguras nutrisi-nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Hal ini akan membuat tubuh menjadi lemah dan membuat anda kelelahan.

5. Perubahan nafsu makan dan berat badan

Perubahan selera makan dan berat badan yang menurun secara teratur bisa saja terjadi karena disebabkan adanya cacing pita atau cacing gelang dalam tubuh. Hal ini terjadi karena parasit tersebut mengambil jatah nutrisi dari makanan yang Anda makan, dan menyebabkan anda tetap lapar.

6. Distress mental

Ketika ada infeksi parasit di dalam tubuh, maka, halusinasi penglihatan, kecemasan, depresi dan perubahan suasana hati tampaknya dapat terjadi secara teratur.

7. Gigi berbunyi waktu tidur

Bruxism atau gigi berbunyi dapat terjadi selama tidur karena kecemasan dan kegelisahan yang disebabkan oleh limbah dan racun yang dikeluarkan oleh parasit di dalam tubuh.

8. Anemia

Adanya cacing gelang atau cacing kremi dalam tubuh dapat menyebabkan anemia, mereka bertindak sebagai parasit yang menghabiskan nutrisi yang baik seperti zat besi, yang akan menyebabkan anemia.

9. Masalah pada kulit

Inflamasi tubuh yang disebabkan oleh parasit juga dapat menyebabkan beberapa masalah kulit seperti ruam, gatal-gatal, eksim dan bentuk-bentuk lain dari alergi.

10. Nyeri pada otot dan sendi

Parasit tertentu dapat menyerang jaringan lunak pada otot dan sendi, yang menyebabkan iritasi dan rasa sakit.

loading...