Vitamin B5 termasuk ke dalam kelompok vitamin B, dan merupakan salah satu dari 8 jenis vitamin yang larut dalam air. Vitamin B5 dikenal sebagai asam pantotenat, yang juga tersedia secara komersial di pasar sebagai D asam pantotenat, dexpanthenol dan kalsium pantothenate.

Vitamin B5 berperan penting dalam membantu tubuh untuk mengkonversi makanan menjadi glukosa yang digunakan untuk menghasilkan energi. Selain itu viamin B5 juga berfungsi untuk memecah lemak, karbohidrat, dan protein yang juga sebagai pembangkit energi. Fungsi lainnya dari vitamin B5 adalah mensintesis kolesterol dan membantu membentuk sel darah merah, serta hormon seks.

Selain fungsi di atas, vitamin B5 juga memiliki beberapa manfaat, diantaranya yaitu menjaga metabolisme energi agar tetap normal, menjaga kesehatan mental, menjaga metabolisme hormon steroid, vitamin D dan beberapa neurotransmiter serta dapat mengatasi kelelahan.

Kekurangan vitamin B5 akan membuat seseorang menjadi lekas marah, kelelahan, apatis, mati rasa, paresthesia, dan kram otot. Selain itu kekurangan vitamin B5 juga memberikan efek pada peningkatan sensitivitas terhadap insulin, atau hipoglikemia.

Berikut adalah beberapa manfaat Vitamin B5 bagi tubuh:

1. Membantu memerangi stres
Vitamin B5 membantu melawan berbagai penyakit serta gangguan mental. Vitamin B5 dengan pasti dapat menurunkan kecemasan dan stres dalam tubuh. Vitamin B5 dapat secara langsung mentimulasi hormon yang akan membantu menjaga pertumbuhan fisik dan mental.

2. Membantu mencegah anemia
Asam pantotenat dikenal dapat mempertahankan kadar hemoglobin dalam darah, sehingga dapat membantu mengurangi kemungkinan masalah kesehatan seperti kekurangan zat besi atau anemia. Jadi sangat baik untuk mengkonsumsi vitamin B5, terutama jika anda menderita anemia.

3. Baik untuk jantung
Vitamin B5 diketahui bisa mempertahankan kesehatan dari fungsi otot-otot jantung. Vitamin B5 ini juga dapat mengatur kadar kolesterol dan mengontrol tingkat tekanan darah, sehingga menghindari peluang terjadinya hipertensi.

4. Baik untuk kulit
Vitamin B5 diketahui berperan dalam menjaga kulit dan rambut tetap sehat dan cerah. Vitamin B5 ini dapat melawan penuaan kulit dan mempertahankan pigmen pada rambut.

5. Memperkuat daya tahan tubuh
Vitamin B5 juga sangat efisien dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin B5 dapat membantu melawan sejumlah infeksi umum dan infeksi yang mematikan, dengan meningkatkan jumlah sel darah putih. Orang dengan tingkat kekebalan tubuh yang rendah, sangat baik untuk memasukkan vitamin B5 dalam diet harian mereka.

Vitamin B5 bertindak sebagai synthesizer untuk semua elemen yang diperlukan untuk pertumbuhan tubuh yang sehat. Vitamin B5 memainkan peran penting dalam pemanfaatan protein, lemak, gula dan asam amino.

6. Membantu menjaga stamina
Vitamin B5 diketahui dapat menyediakan energi dan dapat menjaga stamina tubuh. Hal ini akan mengurangi kelelahan dan membuat anda aktif sepanjang hari. Atlet dan profesional yang menggunakan tenaga fisik akan mendapatkan keuntungan jika mengkonsumsi produk Vitamin B5.

7. Sumber Vitamin B5
Ada banyak bahan makanan yang mengandung Vitamin B5, beberapa diantaranya sangat tinggi kandungannya. Sayuran yang kaya vitamin B5 adalah jamur dan kembang kol. Daging dan produk susu juga kaya akan vitamin B5. Buah-buahan yang kaya vitamin B5 termasuk alpukat, jagung dan stroberi. Biji bunga matahari dan kacang-kacangan juga merupakan sumber yang kaya vitamin B5.

Sertakan bahan makanan ini dalam diet sehari-hari agar tubuh tetap sehat dan bugar.

loading...