Batuk, flu dan pilek sering kali menyerang saat perubahan cuaca. Pada umumnya penyakit ini tergolong ringan, tetapi bila tidak segera diatasi bisa saja kondisi badan akan semakin memburuk.

Ternyata untuk mengatasi flu dan pilek ini bisa juga memanfaatkan bahan-bahan alami yang biasanya terdapat di dapur anda. Jadi sebelum anda pergi ke dokter atau ke warung untuk membeli obat, cobalah untuk ke dapur siapa tahu bahan alami di bawah ini tersedia dan bisa dimanfaatkan.

Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi flu dan pilek:

1. Basil

Basil atau selasih dapat dimanfaatkan untuk mengatasi pilek atau flu dengan cepat. Caranya sangat mudah, cukup ambil beberapa helai daun basil lalu langsung makan selagi segar. Hal ini akan membantu mengatasi batuk, pilek dan flu, selain itu juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Menambahkan basil ke dalam menu makan harian anda juga akan dapat mencegah batuk dan pilek.

2. Lada hitam

Lada hitam sangat baik manfaatnya untuk menyembuhkan batuk dan pilek, juga sakit tenggorokan. Cara membuat ramuannya sangat mudah yaitu 1 sendok makan lada hitam, 1 sendok makan madu murni kemudian masukan kedua bahan tersebut pada gelas yang telah berisi air hangat. Aduk hingga rata, tunggu sampai dingin. Bila sudah dingin minum ramuan ini sampai habis.

3. Kayu manis

Kayu manis sangat baik manfaatnya untuk menghangatkan tubuh anda dari dalam. Hal ini akan membersihkan lendir yang terakumilasi dalam tuuh karena batuk dan pilek. Untuk mendapatkan manfaatnya, tambahkan kayu manis ke dalam menu masakan anda.

Cara lainnya adalah campurkan satu sendok makan madu dan seperempat sendok makan kayu manis dan minum selama 3 hari. hal ini akan membantu mengurangi pilek, sakit kepala, dan bahkan batuk kronis.

4. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih sangat bagus untuk menyembuhkan batuk dan pilek, dan juga untuk menyingkirkan infeksi bronkial dan sinus. Campurkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air panas dan hiruplah uapnya untuk membersihkan sinus anda. Anda juga dapat menggosok sedikit minyak kayu putih di dahi, tenggorokan dan hidung untuk membantu meredakan sakit kepala, hidung tersumbat dan sakit tenggorokan.

5. Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang berkhasiat dalam membantu mengobati sakit tenggorokan dan hidung meler. Caranya pun sangat mudah, parut jahe dan masukkan ke dalam air mendidih, kemudian saring, dan nikmatilah minuman teh jahe yang berkhasiat ini. Untuk perasa, bisa juga menambahkan sedikit madu.

Selain itu bisa juga menambahkan jahe ke dalam teh biasa, dan minumlah setiap hari untuk batuk dan pilek.

loading...