Perut yang bertanggung jawab untuk proses pencernaan terletak di antara kerongkongan dan usus kecil. Pencernaan dapat dipengaruhi oleh berbagai masalah seperti gastritis atau iritasi lambung, yang merupakan kondisi yang terjadi ketika lapisan selaput lendir lambung mengalami peradangan akibat infeksi atau faktor lainnya.

Ketika gastritis terjadi, ada penderita yang merasakan gejalanya dan ada juga yang tidak. Beberapa gejala gastritis di antaranya: rasa nyeri yang menggerogoti dan panas di dalam lambung, hilangnya nafsu makan, cepat merasa kenyang saat makan meski makan sedikit saja, perut kembung, sakit perut dan lain-lain. Gastritis juga dapat menyebabkan bintik-bintik merah kecil yang muncul pada kulit, yang bisa menyebabkan rasa yang menyakitkan.

Pernahkah anda merasakan sensasi terbakar dan nyeri di dada seusai makan? Bisa jadi anda mengalami heartburn. Heartburn adalah gejala utama dari penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), yang terjadi ketika isi lambung kembali naik ke kerongkongan (Esofagus).

Sensasi terbakar ini biasanya terjadi sesudah mengonsumsi makanan pemicu heartburn dan akan semakin terasa ketika tubuh berbaring atau membungkuk.

Heartburn yang sesekali umum terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika heartburn sering terjadi dan sudah mengganggu aktivitas sehari-hari, ini bisa jadi indikasi Anda menderita penyakit yang lebih serius dan membutuhkan pearawatan medis.

Berikut adalah beberapa cara alami untuk mengatasi gastritis dan heartburn yang bisa dilakukan sendiri di rumah:

1. Air beras

Rebus beras dalam satu liter air. Setelah dingin, saring dan masukan air hasil saringan tersebut ke dalam botol dan minum dua kali sehari untuk meringankan gejala gastritis.

2. Air peterseli

Peterseli memiliki sifat diuretik yang diperkaya dengan sifat anti-inflamasi. Hal ini akan membantu meredakan selaput lendir lambung. Siapkan teh peterseli dan minumlah di siang hari.

3. Jus wortel dan seledri

Campurkan dua potong wortel dan beberapa batang seledri, tambahkan air kemudian blender. Minumlah ramuan jus alami ini untuk meredakan sakit maag dan gastritis anda.

4. Apel dan chamomile

Kupas apel dan didihkan dengan beberapa chamomile dalam secangkir air. Minum ramuan setiap pagi dapat membantu meredakan gejala gastritis.

5. Jahe dan pir
Siapkan teh yang merupakan kombinasi dari jahe dan pear, dan minum di siang hari. Hal ini akan membantu menyingkirkan gangguan gastritis dan heartburn.

loading...