Ikan kakap memiliki beberapa jenis seperti ikan kakap putih (Lates Calcarifer Bloch) atau dikenal juga dengan nama Seabass atau Baramundi, ikan kakap merah (Lates Campechanus) dan jenis lainnya seperti ikan kakap kuning atau ikan kakap hitam, adalah merupakan salah satu jenis ikan yang tinggi akan nilai ekonomis dan bermanfaat dalam memenuhi asupan nilai gizi tinggi buat tubuh.

Secara umum dalam 100 gram daging ikan kakap, mengandung energi sebesar 92 kilokalori, protein 20 gram, lemak 0,7 gram, kalsium 20 miligram, fosfor 200 miligram, dan zat besi 1 miligram.  Selain itu, terdapat juga kandungan vitamin A sebanyak 30 IU, vitamin B1 0,05 miligram. Sekitar 80% dari bagian ikan dapat dimakan.

Semua jenis ikan kakap di dominasi oleh tiga komponen utama kandungan gizi antara lain : asam amino, omega 3 dan omega 6, juga vitamin B kompleks dalam jumlah cukup besar. Menurut beberapa penelitian kesehatan, ikan kakap putih paling banyak mengandung taurin dan selenium yang berkhasiat bagus sebagai zat antioksidan maupun nutrisi penting buat perkembangan otak manusia terutama bagi anak – anak dalam masa pertumbuhan mereka. Sehingga ikan ini sangatlah bermanfaat bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Daging ikan kakap pada umumnya dimanfaatkan hanya sebagai hidangan lezat penggugah selera makan saja, sedangkan sirip ikan kakap dapat dipakai sebagai obat untuk mengatasi gejala awal kelumpuhan ringan, karena sirip ikan kakap mempunyai kandungan zat kalsium dan fosfor yang cukup banyak dipakai sebagai bahan pengobatan alternatif pemulihan kekuatan tulang.

Untuk penderita batuk kronis, bisa memanfaatkan insang ikan kakap dengan mengolahnya menjadi sup ikan dan dapat Anda konsumsi dalam waktu yang diperlukan buat proses penyembuhan penyakit. Lebih lanjut, penelitian kesehatan menjelaskan bahwa sumber protein ikan kakap terletak dibagian otak, ampuh digunakan sebagai salah satu cara pengobatan alternatif  untuk mereka yang mempunyai kondisi tubuh dalam masa pemulihan kesehatan pasca operasi.

Jadi, mulailah untuk menyukai ikan sekarang juga...

loading...