Healthy Articles

Seputar Gizi Remaja

Semua orang tuh butuh gizi seimbang, apa lagi kita-kita yang lagi dalam masa pertumbuhan yang cepat. Kita butuh makanan yang cukup jumlah maupun jenisnya. Tiap makanan mengandung zat gizi yang berbeda, karena itu makanlah aneka ragam makanan untuk mencapai gizi seimbang.

# Apa sich gizi seimbang?

Gizi seimbang itu adalah susunan hidangan sehari yang mengandung berbagai zat gizi dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, untuk dapat hidup sehat secara optimal.

# Zat gizi apa aja sich yang kita perlukan?

Zat gizi yang diperlukan tubuh adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Makanan yang di konsumsi sehari-hari harus mengandung zat tenaga, zat pembangun dan zat pengatur.

Zat tenaga berasal dari Karbohidrat, yang terdapat pada : nasi, mie, ubi, kentang, sagu, jagung, dan lain-lain. Lemak juga merupakan penghasil energi cadangan dalam tubuh yang terdapat pada minyak goreng, mentega, santan dan lain-lain.

Zat pembangun didapat dari protein hewani (seperti : daging sapi, ayam, ikan, telur, susu) dan protein nabati (contohnya : tahu, tempe dan kacang-kacangan).

Sedangkan zat pengatur berasal dari berbagai vitamin dan mineral yang bersumber dari buah-buahan dan sayuran.



# Berapa jumlah porsi makanan sehari untuk remaja?

Makanan 3 x sehari, dan setiap kali makan terdiri dari :

  • 1 piring nasi atau penukar (roti, jagung, sagu, ubi, mie, dll),
  • 1 potong lauk hewani (ikan, daging, ayam, telur, dll),
  • 1 potong lauk nabati (tahu, tempe),
  • 1 mangkok sayur,
  • 1 potong buah.


Akan lebih baik bila ada makanan selingan diantara waktu makan seperti buah-buahan, snack (kue, pisang goreng, dll).

Apakah saya termasuk remaja yang kurus, normal atau gemuk ?

Nah untuk tau apa kamu termasuk kurus, normal ato gemuk ada rumusnya lho (seperti matematika aja ya....)

Caranya dengan menimbang Berat Badan (BB) dan mengukur Tinggi Badan (TB), trus hitung dech dengan rumus Indeks Masa Tubuh (IMT).



Nah, kamu termasuk yang mana ?

Yang disebut KEK kalo nilai IMT < 17

# Apa aja masalah gizi remaja ?

Biasanya sich masalah gizi pada kita-kita yaitu Anemia, Kurang Energi Kronik (KEK) dan Gizi Lebih (kegemukan / obesitas).

a. Apa itu anemia?

Anemia (kurang darah) adalah keadaan di mana kadar Haemoglobin (Hb) dalam darah kurang dari normal (< 12 gr %).

Penyebabnya adalah makanan yang kita makan kurang mengandung zat besi. Anemia bisa juga disebabkan oleh penyakit TBC, malaria dan kecacingan. Haid bulanan pada cewek juga punya andil untuk terjadinya anemia.

# Gimana sich ... tanda-tanda dan akibat anemia pada remaja ?



Anemia ditandai dengan 5 L : Letih, Lemah, Lesu, Lelah, Lalai dan sering disertai keluhan pusing, mata berkunang-kunang, muka dan tangan pucat.

Akibat dari anemia :

  • Menurunnya daya tahan tubuh sehingga mudah sakit,
  • Menurunnya kemampuan dan kosentrasi belajar,
  • Menurunnya kebugaran tubuh,
  • Menghambat tumbuh kembang,
  • Pada remaja cewek sebagai calon ibu, anemia akan membahayakan kehamilanya nanti.


# Gimana cara mencegah anemia ?

1. Makan makanan yang bergizi dan banyak mengandung zat besi, terutama sumber bahan makanan hewani dan juga bahan makanan nabati (sayuran hijau tua, kacang-kacangan dan buah-buahan). Makanlah makanan yang kaya zat besi ini bersama dengan bahan makanan sumber vitamin C atau buah buahan.
2. Minumlah satu Tablet Tambah Darah (TTD) seminggu sekali dan satu tablet setiap hari selama haid.

b. Apa sich KEK itu?



KEK itu singkatan dari Kurang Energi Kronik. KEK, yang sering dialami oleh temen-temen kita yang ingin langsing. Mereka terus menerus makan makanan yang kurang mengandung sumber energi (karbohidrat). Pengen langsing sich boleh aja, diet juga gak papa, tapi kan gak harus sampai kekurangan gizi.

# Apa akibat remaja yang menderita KEK?

Cewek maupun cowok yang menderita KEK biasanya gampang penyakitan. Cewek KEK kalo berkeluarga dan kemudian hamil akan berisiko bagi bayi dan dirinya sendiri. Bayi akan lahir dengan berat badan rendah, mengalami kesakitan hingga kematian.

Gak banget kan KEK!

c. Apa sich gizi lebih ?

Kalau gizi lebih (kegemukan) disebabkan karena makan yang berlebihan terutama bahan makanan sumber energi. IMTnya > 27. Keadaan gizi lebih sama sekali ngga bagus, malah berisiko menderita penyakit jantung, diabetes melitus (kencing manis) dan hipertensi (tekanan darah tinggi).

# Buat kita-kita yang kegemukan, nih trik menurunkan berat badan...

1. Olahraga dan melakukan kegiatan fisik secara teratur
Tau gak olah raga yang murah dan gampang dilakukan? Jalan gitu loch...
2. Diet : dengan mengurangi makanan sumber energi, makanan berlemak, gula dan makanan manis serta banyak makan sayuran dan buah buahan.
3. Hindari minuman yang beralkohol, soft drink

# Beberapa kebiasaan makan yang gak OK buat kita-kita

1. Suka makan jajanan seperti goreng-gorengan, coklat, permen dan es krim. Kebiasaan makan kayak gini salah karena makanannya kurang bergizi dan cuma bikin kenyang doank, jadi gak seimbang dech gizinya!

2. Sering makan junk food (ex: fried chicken) karena mengandung tinggi lemak dan tinggi garam. Keseringan makan junk food bisa bikin gemuk dan menderita darah tinggi.

3. Gak makan pagi karena terburu-buru ke sekolah. Kebiasaan ini salah karena kita akan merasa lapar dan lemas di sekolah sehingga mengganggu konsentrasi belajar. Lagian juga waktu makan kita jadi gak teratur sehingga bisa sakit maag atau nyeri lambung.

4. Anggapan menghindari makan telur dan susu karena takut gemuk dan berjerawat ini salah karena makan telur dan susu tidak mengakibatkan kegemukan. Kegemukan disebabkan karena makan makanan dalam jumlah yang sangat berlebihan. Sebenarnya intinya sih jangan makan makanan dalam jumlah yang kurang ataupun berlebihan,, es te de aja....

5. Ingin langsing dengan cara:

  • Mengurangi jumlah dan frekuensi makan secara drastis.
  • Menggunakan obat-obatan dan bahan penurun berat badan

Cara diet ini salah karena mengurangi jumlah dan frekwensi makan secara drastis akan mengakibatkan pusing, lemas dan keringat dingin. Melangsingkan tubuh dengan obat-obatan dan bahan penurun BB dapat membahayakan sehingga harus dengan pengawasan dokter.

6. Gak suka makan sayur dan buah-buahan.

Kalo kamu mau nanya yang lebih detil lagi tentang status gizi kamu, susunan menu makanan sehari-hari atau yang lainnya yang berhubungan dengan gizi, kamu bisa kunjungi dan nanya ke ahli gizi di pojok gizi yang tersedia di puskesmas-puskesmas terdekat.

sumber: depkes

2012. smallCrab, just another blogs
Download Joomla Templates