Healthy Articles

Lima Tips Melawan Pilek

Pilek nampaknya dapat dengan mudah menyerang siapa saja tanpa kecuali. Berbagai faktor seperti kondisi tubuh yang menurun, cuaca dan lingkungan yang buruk ikut mempermudah terjadinya serangan pilek dan flu.

Meskipun sakit ini bersifat ringan saja, namun cukup merepotkan jika kita mengalaminya, aktifitaspun dapat terganggu. Beberapa cara mungkin ampuh untuk mencegah pilek, diantaranya menjaga daya tubuh tetap fit dan tidak berdekatan dengan orang yang sedang menderita pilek.

Berikut adalah lima tips untuk melawan pilek atau jua mempercepat penyembuhan ketika anda terkena filek atau selesma:

1. Olahraga

Olahraga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Olahraga tingkat sedang selama 45 menit pada lima hari dalam seminggu, setelah 12 bulan dapat menurunkan tingkat kejadian pilek secara signifikan.

2. Kelola stres

Stres merusak fungsi kekebalan tubuh, sehingga menurunkan kemampuan untuk melawan jika anda terpapar virus pilek. Cara efektif untuk mengurangi hal itu termasuk meditasi, musik, yoga dan olahraga ringan lainnya.

3. Sosialisasi

Pilek menyebar dari orang ke orang, sehingga kita akan berpikir bahwa interaksi sosial dapat meningkatkan penularan pilek, ternyata tidak demikian.

Sebuah penelitian di Universitas Carnegie Mellon, Pennsylvania, menemukan bahwa meningkatkan interaksi sosial ternyata dapat menurunkan resiko filek. Hubungan sosial dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Ternyata, manfaat yang diperoleh dari sosialisasi lebih besar daripada resiko terkena pilek.

4. Seks

Berhubungan seks ternyata dapat menurunkan resiko terkena pilek, yaitu dengan meningkatkan kadar immunoglobulin A (IgA).

Para peneliti di Wilkes-Barre University di Pennsylvania melakukan survey pada 112 mahasiswa tentang frekuensi seksual mereka, kemudian menganalisa immunoglobulin A (IgA) pada air liur mereka, salah satu pertahanan pertama tubuh terhadap pilek. Mereka yang melaporkan melakukan hubungan seks sekali atau dua kali seminggu memiliki tingkat IgA tertinggi.

5. Minum air putih dan makan buah

Minum banyak air putih diyakini dapat mempercepat penyembuhan jika anda terkena flu atau pilek. Jika biasanya anda dianjurkan untuk minum 6 sampai 8 gelas sehari, ketika pilek sebaiknya anda meningkatkan jumlah air putih yang diminum sampai 10 gelas dalam seharinya. Air dapat menghanyutkan virus dari tubuh anda dalam berbagai bentuk seperti keringat dan air seni.

Selain minum air putih, anda juga disarankan untuk memperbanyak makan buah-buahan. Selagi anda terkena pilek, hentikan makan makanan yang mengandung gula seperti kue, es krim dll. Kandungan gula dalam darah akan menurunkan daya tahan tubuh anda terhadap infeksi. Justru anda disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan, sari buah atau jus.

2012. smallCrab, just another blogs
Download Joomla Templates