Vitamin A dikenal menyediakan nutrisi penting untuk tubuh dan menjaga kesehatan yang baik, terutama yang berhubungan dengan mempertahankan tulang yang kuat, kulit yang sehat dan penglihatan yang baik.

Vitamin A adalah nutrisi yang paling berguna untuk kulit yang sehat dan telah digunakan di beberapa perawatan untuk menormalkan fungsi kulit. Vitamin A diketahui mempengaruhi pembentukan sel-sel kulit. Ini memodulasi elemen pertumbuhan kulit, mempromosikan diferensiasi epidermal, menekan pembentukan androgen dan juga menghambat aktivitas kelenjar sebaceous.

Kekurangan vitamin A diketahui dapat menyebabkan kulit menjadi kelihatan bersisik.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan yang kaya akan Vitamin A, sehingga sangat baik dikonsumsi setiap hari.

1. Hati

Hati dari daging hewan adalah sumber yang kaya akan vitamin A, selain itu hati juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin D, E, K, B12 dan asam folat, dan mineral seperti tembaga dan besi yang diperlukan tubuh.

Hati dikenal juga bermanfaat untuk mengusir semua masalah yang berhubungan dengan kulit.

2. Wortel

Secangkir jus wortel dapat memberikan 334% kebutuhan harian akan vitamin A. Konsumsi wortel diketahui dapat meregenerasi kulit dan menjadikanĀ  kulit selalu sehat.

3. Labu

Mengkonsumsi 100 gram labu dapat menyediakan 170% kebutuhan harian akan vitamin A.

4. Ubi jalar

Ubi jalar menyediakan 438% dari kebutuhan harian akan vitamin A. Ubi jalar juga sangat baik dalam memasok nutrisi ke sel-sel kulit dan juga melindungi dari infeksi. Karena khasiatnya, ubi jalar dianggap sebagai salah satu makanan terbaik yang sehat untuk kulit.

5. Tomat

Tomat memiliki kandungan yang rendah kalori dan tinggi dalam kandungan mineral, dan juga sarat dengan vitamin A. Satu buah tomat ukuran sedang dapat menyediakan 20% dari kebutuhan vitamin A.

6. Peterseli

Peterseli kaya akan kandungan vitamin A dan mengkonsumsi daun peterseli setiap hari dapat menyehatkan kulit dan mencegah masalah kulit.

7. Sayuran daun hijau

Sayuran daun hijau kaya akan vitamin A serta mangan, kalsium, zat besi, Vitamin C dan K. Hijau sayuran berdaun juga dapat membantu menyingkirkan gangguan yang berhubungan dengan kulit.

8. Ikan

Menambahkan ikan pada diet harian anda dapat meningkatkan kesehatan kulit anda, hal ini karena ikan kaya akan kandungan vitamin A. Ikan juga dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk kulit.

9. Produk susu

Satu cangkir susu dapat menyediakan 10% -14% dari jumlah kebutuhan harian akan Vitamin A. Sementara itu, keju juga memberikan 1% -6% dari kebutuhan harian akan vitamin A.

loading...