Kanker merupakan suatu penyakit yang sangat menakutkan dan juga mematikan, dan hal yang mengkhawatirkan bahwa ada beberapa jenis kanker yang tidak menunjukkan gejala apapun pada awalnya, sehingga sulit untuk mendeteksi dan mengobati penyakit ini.

Kanker merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal dalam tubuh, yang membunuh jaringan, dan akhirnya dapat menghancurkan organ tubuh. Beberapa jenis yang paling umum dari kanker adalah kanker payudara, kanker paru-paru, kanker usus besar, leukemia, kanker prostat, limfoma, dll.

Karena tidak menunjukkan gejala awal apapun, maka pemeriksaan kesehatan secara rutin sangat diperlukan. Bahkan masalah  kesehatan ringan seperti sakit perut, bisul, dan sindrom iritasi usus, sering diabaikan oleh banyak orang, padahal mungkin saja hal tersebut merupakan tanda awal kejadian yang lebih fatal.

Berikut adalah 6 jenis kanker yang hampir tidak menunjukkan gejala awal apapun:

1. Kanker prostat

Kanker prostat adalah jenis kanker yang mempengaruhi kelenjar prostat pada pria dan merupakan jenis kanker yang umum terjadi akhir-akhir ini, terutama di kalangan pria di atas usia 50 tahun. Kanker prostat dapat mematikan karena tidak menunjukkan tanda-tanda, sampai mencapai tulang, menyebabkan banyak komplikasi. Jadi, pria harus tetap memeriksakan kesehatannya untuk mendeteksi gejala awal kemungkinan terjadinya kanker prostat.

2. Kanker usus besar

Kanker usus besar adalah jenis kanker yang mempengaruhi usus, dapat terjadi pada pria dan wanita. Awalnya, kanker usus besar juga tidak menunjukkan gejala apapun. Beberapa gejala awal kanker usus besar nampak seperti kejadian biasa, seperti sakit perut, bisul, sindrom iritasi usus, dll, dan hal ini mungkin sering diabaikan oleh orang tersebut, berpikir bahwa itu bukan sesuatu yang serius.

3. Kanker testis

Sebagai jenis kanker yang mempengaruhi testis, atau organ genital pria, kanker testis juga dapat menjadi silent killer, karena hampir tidak menunjukkan tanda-tanda atau gejala awalnya. Kanker testis dapat disembuhkan bila terdeteksi pada tahap awal, tetapi jika tidak terdeteksi, efeknya dapat mencapai organ-organ tubuh lainnya, yang mengarah ke konsekuensi fatal bagi penderita.

4. Kanker ginjal

Kanker ginjal mungkin bukan merupakan jenis kanker yang sering didengar, tetapi menurut UCLA Health, USA, kanker ginjal mempengaruhi ribuan pria dan wanita setiap tahunnya. Jika kanker ginjal ini dapat dideteksi dini, maka potensi harapan hidup dapat meningkat, tetapi jika kanker telah berada pada stadium lanjut, maka akan sulit diobati. Dan yang lebih menyulitkan adalah bahwa kanker ginjal ini seringkali tidak menunjukkan gejala awal.

5. Kanker pankreas

Kanker pankreas merupakan salah satu jenis kanker yang paling sulit untuk didiagnosa, karena kurangnya gejala pada tahap awal, dan gejala-gejala yang berkembang sangat mirip dengan gejala ulkus atau pankreatitis. Meski demikian, menurut American Society of Clinical Oncology, ada tes yang dapat dilakukan untuk orang-orang yang mungkin menderita kanker ini jika gejala awalnya tidak diketahui.

Ketika kanker mulai menyebar, penyakit kuning merupakan tanda umumnya, yang dapat dilihat dengan menguningnya kulit dan mata.

6. Kanker perut

Kita pasti familiar dengan sakit perut dan mual, tetapi hanya sedikit dari kita yang mengetahui bahwa sering nyeri lambung bisa berhubungan dengan kanker perut (stomach cancer). Menurut Cancer Treatment Centers of America, terdapat empat jenis kanker perut, sebagian besar kasus kanker perut dimulai dari dalam sel-sel pada lapisan perut terdalam, dan pada tahap awal, seringkali tidak menunjukkan adanya gejala.
Salah satu gejala kanker perut adalah sakit perut dan mual, tetapi karena hal ini sering dianggap sebuah masalah perut biasa, banyak orang tidak terpikir akan kemungkinan gejala kanker perut. Ada satu gejala yang khas patut dicatat: perasaan bahwa perut sangat penuh, bahkan setelah hanya makan makanan kecil.

loading...