IdBlogNetwork, PPC Premium Rasa Lokal

Anda yang berkecimpung di dunia online, pasti sudah tidak asing dengan istilah pay per click (tetapi bukan paid to click). Para blogger, terutama yang jurusan makemoney, pasti sudah mencoba banyak PPC network, baik yang lokal, seperti Kliksaya, Adsensecamp, dll., maupun yang internasional seperti Google Adsense, Bidvertiser, Adbrite, dll. Di sini PPC Adsnetwork merupakan pihak menghubungkan para advertiser (pengiklan) dengan publisher (penayang iklan).

Jika kita menjadi menayangkan iklan, kita tidak perlu mencari advertiser sendiri, karena advertiser sudah tersedia di ppc ads network. Kita tinggal pasang kode script dan iklan langsung tayang di blog kita.

Kini telah hadir bagi Blogger Indonesia, yaitu IdBlogNetwork, yang merupakan ppc ads network yang akan menghubungkan anda, para blogger, dengan para advertiser dengan brand yang popular, misalnya Telkomsel, Nokia, Google, dan lain-lain. Ini merupakan angin segar bagi para blogger dengan traffic Indonesia. Selama ini banyak yang beranggapan bahwa traffik internet Indonesia merupakan sampah saja, dalam arti susah dimonetize.

Meskipun umurnya belum lama, tapi IdBlogNetwork langsung mendapat tempat teratas di halaman para blogger Indonesia. Di mulai pada tanggal 1 agustus 2010, jika dilihat dari traffiknya, kini IdBlogNetwork mengalahkan PPC lokal yang telah lama eksis, misalnya Kliksaya.com, hanya adsensecamp dan kumpulblogger yang traffiknya masih diatas IdBlogNetwork.

Dengan nilai per klik di atas Rp.1000,-, ini jelas lebih besar dibanding dengan ppc lokal yang telah ada sebelumnya di mana nilai kliknya rata-rata Rp.100 s/d Rp.300,- Ini merupakan PPC premium dengan rasa lokal, di mana traffik lokal yang dulu tiada berharga kini sangat menjanjikan para blogger untuk dapat merasakan rupiah mengalir melalui blognya. Dengan IdBlogNetwork kini blog bahasa Indonesia menjadi lebih berharga dan lebih dihargai.

Dikarenakan masih baru, dan mungkin saja IdBlogNetwork masih mencari publisher, untuk menjadi publisher pun sangat gampang, tidak ada syarat khusus yang harus dipenuhi.

Sekarang ini, yang lagi trend di idblognetwork adalah job review. Para blogger dapat mengikuti job review produk-produk dari advertisernya IDBN, misalnya produk dari kartu as telkomsel, nokia, google maps, dan lain-lain. Para blogger sejati (bukan blogger copas), pasti sangat antusias dengan job review ini. Apalagi pembayarannya yang relatif besar, bahkan honor job review idblognetwork lebih besar dari job review luaran.

Kekurangan IdBlogNetwork

Barangkali karena saat ini IdBlogNetwork masih baru dan advertisernya masih terbatas pada brand teknologi & lifestyle dengan iklan berupa produk operator sellular, agar iklan itu dapat tampil diblog kita, maka blog kita harus bertema teknologi. Jika tema blog anda bukan teknologi, maka iklan tidak akan muncul, hanya berupa logo kelabu IdBlogNetwork.

Blog-blog yang bertema kesehatan seperti blog ini jarang bahkan mungkin tidak mendapat jatah iklan, hal ini karena segmen pembaca blog ini bukan merupakan pihak yang dibidik oleh advertiser. Mudah-mudahan ke depannya IdBlogNetwork banyak mendapat advertiser dari berbagai segmen pasar.

Banyak publisher yang merasakan bahwa jumlah klik yang diperoleh dari iklan idblognetwork sangat sedikit, dibandingkan dengan jumlah klik jika dipasangi iklan lain (misalnya: smowtion). Atau mungkin ini hanya perasaan publisher saja. Toh meskipun tidak diklik, banner idblognetwork cukup menarik dan atraktif untuk menghiasi blog (tentu saja ketika ada iklannya).

Sementara itu, adanya segmentasi atau kategori publisher, yang berdasarkan usia visitor, yang berujung pada jatah tayang iklan dirasakan oleh sebagian publisher cukup tidak adil, meskipun menurut salah satu admin IdBlogNetwork pemilihan blog yang dapat menayangkan iklan ditentukan pula oleh advertiser.

Bagi sebagian publisher, penghasilan ratusan ribu rupiah bahkan jutaan rupiah sangat mudah didapat setiap bulannya, karena nilai klik IdBlogNetwork yang sangat besar.

Tetapi bagi para publisher IdBlogNetwork yang hanya sedikit mendapat jatah iklan atau bahkan tidak mendapat jatah iklan sama sekali, tentunya sangat sulit untuk bisa payout, yang minimalnya Rp 150.000. Hal ini banyak dikeluhkan oleh para publisher IdBlogNetwork di halaman facebook-nya IdBlogNetwork.

Pesaing IdBlogNetwork

Yang bisa menyaingi IdBlogNetwork, mungkin hanya Innity (Innity Digital Media Vantage) asal Malaysia. Tetapi, dengan tema iklan yang hampir sama, Innity masih memberikan nilai klik yang lebih besar.

Hanya saja untuk menjadi publisher Innity ada syarat yang mungkin cukup berat, terutama bagi situs-situs baru, yaitu traffic minimal per bulan 20.000 unik visitor dan 100.000 pageview per bulan rata-rata. Meski demikian, pengkategorian blog atau penjatahan iklan oleh Innty cukup adil sehingga tidak ada kesan pilih kasih pada publisher.

Jadi jika anda memiliki blog bertema teknologi dan lifestyle, cobalah peruntungan anda dengan IdBlogNetwork ini. Jika anda berminat menjadi advertiser atau puiblisher, silahkan kunjungi www.IdBlogNetwork.com

Saya bahkan berharap anda semua menjadi publisher dan advertiser IdBlogNetwor, semoga dunia periklanan online Indonesia semakin maju.


IdBlogNetwork Membayar Terus Publishernya

Pengalaman beberapa bulan memasang iklan IdBlogNetwork cukup positif, dulu sewaktu minimum payoutnya hanya Rp 50.000, bisa payout setiap bulan. Setelah beberapa bulan tidak payout karena lama tidak mendapat jatah iklan, kini Bulan Maret 2011 bisa payout lagi meskipun minimumnya Rp 15.000,- Jika blog anda menerima jatah tayang sebanyak 1 campaign iklan, itu sudah cukup untuk bisa payout setiap bulan.

2012. smallCrab, just another blogs
Download Joomla Templates